Bab 9 - Praktik Lintas Bidang


Assalamualaikum Wr. Wb. Halo semua, perkenalkan nama saya Ashfiya Qonita. Saya adalah murid di SMP Labschool Jakarta kelas 8D. Pada blog ini, saya akan membagikan rangkuman bab 7 tentang Algoritma Pemrograman.

Praktik Lintas Bidang adalah sebuah konsep pembelajaran terhadap penekanan sebuah pekerjaan maupun pengembangan pengetahuan yang secara umum harus dipelajari.

page2image1448736352

A. Pengembangan Artefak Komputasional 

Artefak merupakan kata serapan dari bahasa Latin: arte factum, arti secara harfiah yaitu "dibuat oleh keterampilan". Jadi artefak komputasional adalah teknologi atau alat yang dikembangkan dengan proses kreatif dan menggunakan teknik berpikir komputasi. Produk artefak komputasional dapat berupa kode program, aplikasi, situs atau web, foto atau gambar, audio, video, dll. 

Pengembangan artefak komputasional dapat menggunakan software integrated development tools (IDE), aplikasi video editing, aplikasi perkantoran, 3D drawing, painting, dll.

B. Pengenalan Makey-Makey

Kit makey-makey adalah kit penemuan yang dirancang untuk menghubungkan benda sehari-hari ke kode yang telah dibuat dikomputer. Pada kit makey-makey terdapat papan sirkuit, klip buaya, dan kabel USB.

Ketika akan membuat mainan dari kit makey-makey, kita dapat menggunakan aplikasi Scratch dan menempelkan klik buaya ke benda yang akan kita gunakan sebagai keyboard, gamepad, mouse, atau remot, dengan demikian hal tersebut memungkinkan Makey Makey untuk bekerja dengan program komputer atau halaman web apa pun yang menerima klik keyboard atau mouse.

Pada awalnya Makey Makey dibuat sebagai proyek akademis dan artistik oleh dua mahasiswa MIT, Jay Silver dan Eric Rosenbaum, Makey Makey diproduksi oleh penelitian yang dilakukan di Lifelong Kindergarten MIT Media Lab. Prototipe pertama Makey Makey dibuat pada tahun 2010 dan diuji di sebuah lokakarya di San Francisco Exploratorium.

C. Thinkering dengan Makey-Makey

Artefak komputasional berskala besar dapat dikembangkan secara tim dengan menggunakan tools kolaborasi yang tersedia, seperti Google Drive, Office 365, Media Sosial, dll, Contoh artefak komputasional ialah inovasi komputasi yang tampak secara fisik, seperti robot, dll, serta inovasi non fisik seperti aplikasi.

Dalam proyek PLB ini, kita akan mengembangkan artefak komputasional berupa media interaktif sistem pencernaan manusia. Proyek ini akan menantang untuk menerapkan semua pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari di mata pelajaran IPA.

Sekian blog dari saya, semoga dapat bermanfaat dan terima kasih. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Nama: Ashfiya Qonita 
Kelas : 8D (10)

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bab 7 - Algoritma Pemrograman

Pertemuan Keenam Informatika

Resume Jaringan Internet dan Komputer