Bab 7 - Algoritma Pemrograman

Assalamualaikum Wr. Wb. Halo semua, perkenalkan nama saya Ashfiya Qonita. Saya adalah murid di SMP Labschool Jakarta kelas 8D. Pada blog ini, saya akan membagikan rangkuman bab 7 tentang Algoritma Pemrograman.


A. Eksplorasi Lanjutan Scratch

1. Kode Control, Input, dan Variable.

Kita dapat mengatur berapa banyak kode berulang dan kondisi dari objek dengan kode Control+C.

2. Kode Custom Block

Kadang kala, kita membutuhkan kode yang sama untuk dapat digunakan beberapa kali, kita dapat menggunakan Custom Block pada scratch. Dengan custom block, kita dapat membuat block sendiri, yang nanti dapat berisi block lainnya.

B. Pengantar Blockly Games dan Eksplorasi Puzzle Maze

Blockly adalah suatu tools yang dapat membantu membuat program sederhana dengan menggunakan blok-blok.

C. Eksplorasi Blockly Games Music

Di bagian ini, kita dapat mengenali fungsi/prosedur yang sama seperti Custom Block pada scratch.

D. Eksplorasi Sprites dengan Blockly 

Blok kode program akan ditempatkan pada setiap sprite yang tersedia. Adapun Blockly memiliki pendekatan yang sedikit berbeda. Blok kode program pada Blockly ditempatkan pada tempat yang sama dan melalui aktivitas ini, kita akan belajar untuk memahami lebih lanjut mengenai eksplorasi sprite pada Blockly.

Sprite adalah komponen dalam sebuah program. yang merupakan gambar birmap dua dimensi. Sprite banyak digunakan untuk menggambarkan objek seperti tokoh karakter atau benda lain, baik diam maupun bergerak. Sprite yang bergerak sebenarnya memanfaatkan perubahan posisi dari sprite atau menggunakan gambar lain sehingga seolah-olah terjadi animasi.

E. Pengenalan Pemrograman Prosedural

Dalam pemrograman prosedural, kita akan memprogram berdasarkan konsep komputer yang sudah dipelajari pada modul SK (Sistem Komputer). Tentunya masih ingat, bahwa komputer mempunyai tiga elemen penting, yaitu perangkat input, pemroses utama (CPU), dan perangkat output. CPU memiliki memori, bus dan ALU. Maka, komputer dapat menerima input, yang kemudian akan ditampung dalam memori, dan supaya dapat diambil kembali disimpan dalam sebuah "nama" variabel. 

Mengapa disebut variabel? Karena isinya dapat diganti-ganti, bervariasi sehingga disebut sebagai variabel. Dengan menyebutkan nama variabel, kalian akan mendapatkan nilainya.

Komputer dapat menampilkan/menuliskan suatu nilai isi variabel ke layar/ printer dengan perintah print. Adapun komponen komputer yang melakukan proses perhitungan aritmatika dan logika adalah ALU (bagian dari CPU).


Sekian blog dari saya, semoga dapat bermanfaat dan terima kasih. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Nama: Ashfiya Qonita 
Kelas : 8D (10)

Comments

Popular posts from this blog

Pertemuan Keenam Informatika

Resume Jaringan Internet dan Komputer