Tutorial Microsoft Excel

Assalamualaikum Wr. Wb. Halo semua, perkenalkan nama saya Ashfiya Qonita. Saya adalah murid di SMP Labschool Jakarta kelas 8D. Pada blog ini, saya akan menjelaskan tentang Tutorial Menggunakan Microsoft Excel.

Belajar Fitur-Fitur Microsoft Excel untuk Pemula

  • Untuk bisa menggunakan Microsoft Excel secara maksimal, kamu perlu memahami cara memakai fitur-fitur software ini. Berikut adalah beberapa fitur-fitur dasar dari Microsoft Excel yang perlu kamu pelajari:

    Membuat Workbook dan Spreadsheet

    Masih ada beberapa orang yang bingung dengan perbedaan antara Workbook dan Spreadsheet. Secara sederhana, Workbook adalah file Excel yang kamu buka, sementara Spreadsheet adalah dokumen-dokumen yang berada dalam satu file.

    Untuk membuat Workbook baru, kamu tinggal menekan tombol File yang berada di bagian atas Excel dan dilanjutkan dengan mengklik tombol New lalu Blank Workbook.

    Kalau kamu ingin menambah Spreadsheet baru, cukup tekan tombol '+' yang terletak di bagian bawah Excel, tepatnya di daerah Spreadsheet. Setelahnya, kamu bisa menyusun Spreadsheet dengan menekan dan menggesernya ke kiri atau kanan.

    Memasukkan Data

    Belajar memasukkan angka atau kata dalam Excel sangatlah mudah, kamu tinggal mengklik sel atau kotak yang kosong pada Spreadsheet. Setelahnya kamu bisa mengetik angka atau kata yang diinginkan. Kalau kamu ingin berpindah sel, tinggal tekan tombol enter atau tabyang ada di keyboard.

    Mengatur Tabel

    Di Microsoft Excel, kamu bisa mengatur tipe border dan warna dalam tabel. Ada banyak jenis border yang bisa kamu pilih hanya dengan mengklik tombol Borders yang berbentuk kotak seperti sawah yang terletak di bagian Font pada bagian atas Excel.

    Jika kamu ingin memberikan warna pada tabel, cukup pilih sel, kolom, atau baris dari tabel yang ingin diberi warna sebelum mengklik tombol Fill Color yang memiliki simbol seperti kaleng cat di bagian atas Excel pada daerah Font. Setelahnya, kamu tinggal memilih warna yang kamu inginkan.

    Menyusun Data

    Supaya data bisa terlihat lebih rapi, kamu dapat belajar cara menyusun data-data dalam Excel berdasarkan abjad atau dari angka yang paling kecil ke paling besar dan sebaliknya.

    Untuk meyusunnya, kamu tinggal memilih baris atau kolom yang ingin diatur datanya, kemudian klik tombol Sort & Filter yang ada pada bagian atas Excel di daerah Data. Nantinya kamu bisa memilih untuk menyusun data dari angka terbesar atau terkecil.

    Menyaring Data

    Selain menyusun data, kamu juga bisa menggunakan tombol Sort & Filter untuk menyaring atau mencari data-data yang diinginkan. Cukup pilih kolom atau baris yang ingin disortir, lalu tekan tombol Sort & Filter, kemudian klik Filter. Setelahnya, kamu bisa menyaring data sesuai kriteria yang diinginkan.

    Menerapkan Penjumlahan yang Otomatis

    Kalau kamu belum belajar rumus Excel untuk menjumlahkan angka, kamu bisa menambah angka-angka tersebut secara otomatis dengan memilih kolom atau baris yang ingin dijumlahkan kemudian menekan tombol Auto Sum yang berlokasi di bagian atas Excel pada daerah Editing.

    Sumber: https://myedusolve.com/blog/panduan-belajar-excel-untuk-para-pemula

    Bagian bagian Microsoft Excel dan Fungsinya (15 tab dan gambar)

    Sekian blog dari saya, semoga dapat bermanfaat dan terima kasih. Wassalamualaikum Wr. Wb.

    Nama: Ashfiya Qonita 
    Kelas : 8D (10)

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bab 7 - Algoritma Pemrograman

Pertemuan Keenam Informatika

Resume Jaringan Internet dan Komputer