Informatika dan Pembelajarannya

Assalamualaikum Wr. Wb. Halo semua, perkenalkan nama saya Ashfiya Qonita. Saya adalah murid di SMP Labschool Jakarta kelas 8D. Pada blog ini, saya akan menjelaskan tentang Informatika dan Pembelajarannya.

Source: https://scratch.mit.edu/projects/714319026

Pengertian dari informatika adalah ilmu yang mempelajari terkait dengan penggunaan komputer untuk mengatur dan menganalisis data yang berukuran besar, baik data maupun informasi pada mesin berbasis komputer.

Pada pembelajaran informatika di kelas VII, kita sudah mempelajari banyak sekali hal yang menarik terkait dengan informatika. Salah satu dari yang paling menarik adalah permainan informatika. Belajar informatika dapat melalui sebuah permainan (game), belajar dengan cara ini pasti nya sangat menyenangkan, menarik, dan juga sangat seru untuk dipelajari.

Di pelajaran informatika saat kelas VII, kita tidak hanya diajarkan tentang materi yang tertulis, tetapi kita juga diajarkan tentang materi yang harus dipraktikkan. Materi praktik tersebut adalah membuat permainan (game) di komputer dengan menggunakan website scratch. 

Di website scratch, kita dapat belajar tentang coding sederhana dengan blok-blok yang sudah tersedia pada website. Blok-blok ini bertujuan untuk mempermudah pengguna untuk membuat sesuatu di dalam website scratch. Jadi, selain bermain, kita juga bisa mendapatkan manfaat yaitu belajar coding sederhana.

Di scratch, kita juga tidak hanya dapat membuat games, tetapi kita juga dapat membuat karya-karya (arts). 

Saya berhasil membuat satu permainan (game) di scratch pada kelas VII. Game tersebut bernama catch game, tujuan dari game tersebut adalah untuk menangkap benda-benda yang terjatuh dari langit. Jika pemain (player) berhasil untuk menangkap benda yang jatuh tersebut, maka player akan mendapatkan satu poin. Dan jika player gagal untuk menangkap benda yang jatuh, maka sisa kesempatan untuk melanjutkan permainan pun akan berkurang. 
Sangat seru bukan?



Dengan belajar informatika, kita juga dapat belajar bekerja sama dengan mengerjakan semua tugas-tugas kelompok dengan kompak. Selain berusaha mendapat nilai yang bagus, bekerja kelompok dapat meningkatkan solidaritas dan keakraban pertemanan kita. Belajar informatika tidak hanya tentang komputer, tetapi juga dapat membangun sifat-sifat murid untuk melengkapi Profil Pelajar Pancasila. Rumusan Profil Pelajar Pancasila adalah "Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila."


5 Pertanyaan Reflektif:

1. Setelah mempelajari setiap elemen informatika di kelas VII, apakah kalian dapat membuat peta pikiran yang mengoneksikan elemen-elemen tersebut menjadi pengetahuan yang utuh? 
Ya, bisa.

2. Pengalaman beraktivitas pada elemen yang mana yang paling berkesan? Mengapa? Ceritakan dengan ringkas di blog kamu! 
Saat membuat game, karena kita dapat belajar coding sederhana dengan cara yang menyenangkan.

3. Apakah kalian dapat memberikan satu atau dua contoh pengalaman sehari-hari kalian yang ternyata kalau dipikirkan kembali, adalah praktik dari informatika yang sudah dipelajari di kelas VII?
Ya, contohnya adalah saat menggunakan internet untuk belajar.

4. Elemen informatika apa yang menurut kalian merupakan muatan paling banyak dan paling penting?
Pemrograman

5. Rangkuman faktual yang sudah dipelajari, ceritakan dengan ringkas menggunakan kata-kata kalian sendiri. Mungkin saja terlewatkan dan ada beberapa konsep atau aktivitas yang belum kalian lakukan saat berada di kelas VII!
Di kelas VII, kita telah belajar informatika tentang Informatika dan Pembelajarannya, Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Analisis Data (AD), dan Algoritma Pemrograman (AP).


Pengertian 8 Kelompok Informatika:

1. Berpikir Komputasional (BK) adalah metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika).

2. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, pengelolaan dan penyampaian atau pemindahan informasi antar sarana atau media.

3. Sistem Komputer (SK)  adalah ​​kumpulan perangkat-perangkat komputer yang saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain untuk melakukan proses pengolahan data, sehingga dapat​ menghasilkan informasi.

4. Jaringan Komputer dan Internet (JKI) adalah himpunan beberapa perangkat seperti komputer dan alat elektronik lainnya yang terhubung satu sama lain.

5. Analisis data (AD) adalah proses inspeksi, pembersihan dan pemodelan data dengan tujuan menemukan informasi yang berguna, menginformasikan kesimpulan dan mendukung pengambilan keputusan.

6. Algoritma Pemrograman (AP) adalah langkah-langkah yang ditulis secara berurutan untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.

7. Dampak Sosial Informatika (DSI) adalah suatu studi yang mempelajari aspek-aspek sosial dari komputerisasi termasuk peran teknologi informasi dalam perubahan sosial dan organisasi.

8. Praktik Lintas Bidang (PLB) adalah sebuah konsep pembelajaran terhadap penekanan sebuah pekerjaan maupun pengembangan pengetahuan yang secara umum harus dipelajari meskipun bukan bidang yang ditekuni.

Nama        : Ashfiya Qonita
Kelas         : 8D
No. Absen: 10

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Comments

  1. BERMANFAAT! semangat blog selanjutnya!

    ReplyDelete
  2. BERMANFAAT DAN KEREN BANGET! penjelasannya mudah dimengerti!

    ReplyDelete
  3. Penjelasannya lengkap dan bermanfaat banget :D

    ReplyDelete
  4. Waa terima kasih, bermanfaat syekali!👍

    ReplyDelete
  5. dinantikan blog selanjutnya fiya!

    ReplyDelete
  6. keren sekali pembelajaran informatika sampai bisa belajar coding sederhana dan bisa membuat game 🙏

    ReplyDelete
  7. Bermanfaat banget, mudah dimengerti

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bab 7 - Algoritma Pemrograman

Pertemuan Keenam Informatika

Resume Jaringan Internet dan Komputer